-->

Pembuktian Chris Froome dan Bradley Wiggins di Dauphine

Pembuktian Chris Froome dan Bradley Wiggins di Dauphine dalam Grand tour paling bergengsi, yakni Tour de France. Lomba yang terbagi dalam 21 etape itu akan diselenggarakan pada 29 Juni-21 Juli mendatang. Namun, Team Sky, peraih Yellow Jersey sebagai tanda juara umum tahun lalu,, sampai saat ini belum menentukan leader mereka.

Beberapa waktu lalu, muncul pernyataan bahwa Chris Froome dipilih sebagai leader. Rute yang lebih dominan tanjakan dan lebih sedikit time trial menjadi alasannya. Namun, Bradley Wiggins, peraih yellow jersey tahun lalu, tidak diterima. Meski time trial lebih pendek yang menjadikan kelebihannya, dia tetap merasa layak menjadi leader.

Ajang Criterium du Dauphine pada 2-9 Juni bakal menjadi ajang pembuktian bagi keduanya. Yang lebih hebat akan menjadi leader Team Sky di Tour de France. Dauphine juga menjadi ajang pemanasan yang pas menuju Tour. Selain jadwalnya yang berdekatan, rute yang dilalui Criterium du Dauphine beberapa adalah rute tour.

Tiga diantaranya delapan etape Dauphine merupakan etape tanjakan. Dua tia antara tiga etape tanjakan itu akan dilalui tour. Para pembalap akan melintasi jalu-jalur berat di Alpe d'Huez yang merupakan rute tanjakan paling berat di event balap sepeda. Promotor lomba Amaury Sport Organization (ASO) yang juga sebagai penyelenggara Tour memasukkan Alpe d'Huez di etape ketujuh.

Rangkaian tanjakan di Alpe d'Huez harus dilalui sebelum etape terakhir yang masih berlangsung di kawasan yang sama. Jadi, gelar juara benar-benar baru bisa dipastikan hingga etape terakhir yang finish di Risoul, Prancis.

Performa Wiggins musim ini sebenarnya cukup buruk. Dia belum satu kali pun menang. Pada Giro d'Italia beberapa waktu lalu, dia mundur pada etape ke-16. Di sisi lain, Froome telah sekali merebut delar juara di Tour of Romandie.

Jika Team Sky masih menyeleksi leader, tidak demikian halnya dengan beberapa tim besar lain. Alberto Contador (Saxo-Tinkoff) dan Cadel Evans (BMC) sudah diplot menjadi leader oleh tim masing-masing.

0 Response to "Pembuktian Chris Froome dan Bradley Wiggins di Dauphine"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel