-->

7 Surga Dunia Yang Tersembunyi Di Indonesia

7 Surga Dunia Yang Tersembunyi Di Indonesia - Tak diragukan lagi bila berbicara mengenai keindahan alam yang ada di Indonesia. Bahkan, pulau Bali merupakan Pulau Surga yang telah dikenal sejak berpuluh-puluh tahun silam. Kini banyak tempat yang mulai dapat kita kunjungi dan menjadi incaran para pelancong dari mancanegara.

Terletak di antara dua samudera dan dua benua, rangkaian lebih dari 17.000 (tujuh belas ribu) pulau besar dan kecil, di sepanjang lebih dari 5.000 km (lima ribu kilometer) itu, membuat Indonesia memiliki keragaman alam dan budaya yang sangat mengagumkan.

Berikut ini adalah 7 Surga Dunia Yang Tersembunyi Di Indonesia yang telah terangkum dalam UnikUnik Info.

1. Pulau Raja Ampat di Papua Barat

Diawali dengan sebuah tempat yang banyak diincar oleh para turis mancanegara sebagai tujuan wisata menyelam di kedalaman laut yang sangat indah. Pulau Raja Ampat terletak di bagian barat pulau Papua.

Pulau-pulau yang belum terjamah dan laut yang masih asri membuat para wisatawan langsung terpikat dengan keindahan pulau ini yang begitu mengagumkan.

Perairan di Pulau Raja Ampat ini terdiri dari terumbu karang yang dinilai terlengkap di dunia, mulai dari 537 jenis karang dunia, 75% nya berada di perairan cantik tersebut. Ditemukan pula 1104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 hewan darat. Maka tak heran bagi pencinta penyelam, lokasi inilah yang diincar untuk melihat keindahan di bawah laut. Mereka pun seakan tak ingin kembali ke negeri masing-masing karena sudah mendapatkan pulau surga yang tak ada duanya di bumi ini.

2. Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur
Kepulauan Derawan ini merupakan sebuah kepulauan yang disinyalir sebagai tempat kedua terkaya di dunia dalam hal keragaman biota laut setelah Pulau Raja Ampat. Daya tarik dari Kepulauan Derawan ini adalah Danau Kakaban dan Danau Purba, yang telah berusia jutaan tahun yang di dalamnya terdapat jutaan ekor ubur-ubur dan kehilangan daya sengatnya, sehingga aman bila berenang bersama ubur-ubur di tempat tersebut tanpa takut tersengat.

Di tempat ini juga dapat dijumpai berbagai aktivitas penyu hijau, mulai dari penyu yang sedang berenang santai di air yang jernih hingga aktivitas proses penyu bertelur. Tak hanya itu saja, di dalam perairan ini kita dapat menikmati pemandangan bawah laut. Keragaman terumbu karang dalam berbagai bentuk dan warna terlihat sangat rapat di dalam lautan.

3. Desa Sawarna di Banten
Desa Sawarna merupakan surga tersembunyi di Indonesia berikutnya. Desa Sawarna terletak di bagian Selatan kabupaten Lebak di Banten yang berbatasan langsung dengan kabupaten Sukabumi. Di sini dapat ditemukan jembatan gantung yang dibuat dari pohon sepanjang 60 meter. Di bawah jembatan gantung tersebut terlihat mengalir sungai yang cukup deras dan jernih. Selain itu, keindahan dari Pantai Sawarna tidak kalah menariknya dibandingkan dengan pantai-pantai yang terkenal lainnya.

Tak hanya Pantai Sawarna saja yang terdapat di Desa Sawarna, namun terdapat pula 2 (dua) pantai lainnya, yakni Pantai Karang Taraje dan Pantai Tanjung Layar. Kedua pantai tersebut sangatlah indah dan mempunyai keunikan tersendiri. Pantai Karang Taraje atau yang berarti tangga itu menghiasi bagian barat pantai yang menyerupai bentuk tangga.

Sementara itu, Pantai Tanjung Layar itu terdapat batu yang sangat besar yang menulang di pinggir pantai, di mana bentuknya menyerupai bentuk kapal besar. Pantai-pantai di Desa Sawarna ini juga seringkali dikunjungi oleh para peselancar dari mancanegara.

4. Goa Gong di Pacitan
Surga tersembunyi di Indonesia selanjutnya adalah Goa Gong. Goa Gong merupakan satu dari beberapa gua yang tersembunyi di perut gunung-gunung kecil yang berada di Pacitan, Jawa Timur. Gua Gong ini merupakan gua yang berbentuk horizontal yang memiliki panjang sekitar 256 meter. Di dalam gua tersebut terdapat Stalaktit, yakni batuan kapur yang berbentuk kerucut yang berada di langit-langit gua. Dan Stalakmit yaitu batuan kapur yang berdiri tegak di dasar yang telah berusia ratusan tahun. Menurut beberapa peneliti dan wisatawan mancanegara, nama Goa Gong ini konon menurut cerita yang beredar dari dalam gua tersebut sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai suara gong.

Goa Gong ditemukan sekitar tahun 1930 itu menyuguhkan pemandangan-pemandangan yang luar biasa indahnya. Stalaktit dan Stalakmit yang ada di dalam gua tersebut akan menghipnotis setiap mata yang memandangnya. Dan yang paling mengesankan dari Goa Gong ini adalah sebuah ruangan yang tersimpan batu kristal dan marmer dengan kualitas yang mendekati sempurna.

5. Pantai Kuta di Lombok
Setiap mendengar Pantai Kuta bisa dipastikan yang terlintas dalam pikiran kebanyakan orang adalah pantai Kuta yang terdapat di Bali. Namun belum banyak yang tau bahwa ternyata di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini juga memiliki sebuah pantai indah bernama Pantai Kuta, tepatnya di desa Kuta. Meski berada di desa terpencil, namun keindahan Pantai Kuta di Lombok ini sangatlah menakjubkan dan tak kalah indahnya dengan pantai Kuta yang ada di Bali. Pasir pantainya pun cukup unik, karena terlihat seperti buah merica dengan bulir-bulir yang besar berwarna putih.

Sementara itu, airnya yang jernih yang dibalut dengan gradasi warna biru yang begitu memukau. Suasana Pantai Kuta Lombok sangatlah jauh dari kebisingan, sehingga menjadi pilihan tepat bila ingin memperoleh suasana yang tenang yang tak mungkin didapatkan di kota-kota besar. Dan saat ini, di dekat pantai juga terdapat sebuah Bandara Internasional Lombok yang terbilang besar, dengan tujuan agar penerbangan internasional bisa langsung menuju Lombok tanpa harus melalui Bali.

6. Pulau Banda - Maluku
Beralih ke Pulau Banda, pulau yang cantik ini terletak di sekitar 132 kilometer sebelah tenggara Ambon yang terdiri dari 3 (tiga) pulau besar, antara lain Pulau Banda, Pulau Banda Neira, dan Pulau Gunung Api, serta 7 pulau kecil lainnya di ketinggian pinggiran laut terdalam di Indonesia, yakni Laut Banda yang bisa mencapai kedalaman 6.500 meter. Laut di sekitar Banda tersebut merupakan tempat yang paling terkenal dengan Taman Laut Maluku, dengan karang yang cerah, ikan yang berwarna-warni berada dalam air yang sangat jernih seperti kristal.

Pulau Banda merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang terkenal di Indonesia bagi para penyelam. Selain adanya tembok karang, kehadiran kehidupan laut yang besar seperti ikan hiu, kura-kura, sekelompok Napoleon Wrasse, ikan dengan kelompok besar, tuna, the lobster yang besar, menemani berbagai kelompok ikan batu karang ini adalah kehidupan di bawah laut sekitar Ambon dan pulau terdekat Saparua yang ber-rating tinggi.

7. Pulau Kanawa di Nusa Tenggara Timur
Surga tersembunyi di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Kanawa di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Pulau yang menakjubkan ini para wisatawan dapat menikmati hamparan pasir putih, pohon-pohon hijau di pinggirnya, bukit menjulang, serta jembatan panjang di pulau kecil yang indah itu.


Selain itu pula, mata kita pun akan dimanjakan oleh ikan-ikan di sisi kanan dan kiri jembatan yang terlihat sangat jelas, karena airnya sangatlah jernih sebening kaca. Beragam keindahan karang dan beberapa ikan kecil yang berwarna-warni menghiasi perairan di Pulau Kanawa ini. Suasana asri di Pulau Kanawa ini semakin lengkap dengan dibangunnya 14 penginapan bungalow yang berbentuk rumah panggung. Dan yang paling mengejutkan di Pulau Kanawa ini adalah para wisatawan dapat bercengkerama langsung dengan rusa-rusa yang berkeliaran bebas di sekitar pantai.

Itulah tadi 7 Surga Dunia Yang Tersembunyi Di Indonesia yang terangkum dalam UnikUnik Info. Semoga informasi bermanfaat bagi pembaca blog ini. ^^

2 Responses to "7 Surga Dunia Yang Tersembunyi Di Indonesia"

  1. artikel yang menarik.
    izin share ya :)

    http://ayokepo.blogspot.com/

    ReplyDelete

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel