-->

Tips Aman Ketika Berselancar Ala Google

Internet adalah Google dan begitupun sebaliknya. Meski terkesan berlebihan, rasanya sulit untuk membantah seberapa dalam cengkeraman Google di tatanan internet, sehingga mereka bisa dengan mudahnya diasosiasikan dengan rimba belantara dunia maya tersebut. Salah satu bukti pernyataan tersebut bisa dilihat dari posisi Google yang menjadi aplikasi peramban (browser) nomor wahid di dunia, berikut layanan-layanan turunannya, seperti surel (Gmail) dan penyimpanan awan (Google Drive).

Oleh karena itu tidak heran jika Google sering dijadikan sebagai parameter atau tolok ukur bagi siapa pun untuk mengambil kebijakan di dunia digital, termasuk ketika para pengguna internet umumnya. Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Google via Google Tips perihal bagaimana berselancar yang aman dan tetap nyaman:

Tips Aman Ketika Berselancar Ala Google




1. Sandi spesial

Kata sandi (password) ibarat kunci yang mesti dijaga baik-baik. Sekali kunci itu diketahui oleh orang lain, ada ancaman yang mengintai. Google menyarankan untuk menggunakan sandi yang baik dengan perpaduan huruf besar-kecil, simbol, dan tentu saja angka. Selain itu, untuk pengamanan terbaik, sebaiknya jangan gunakan sandi yang sama untuk layanan berbeda.

2. Melindungi akun

Dua langkah autentikasi (two-step authentication) adalah metode perlindungan akun yang disarankan oleh Google. Biasanya langkah ini dilakukan ketika pengguna mengakses akun Google miliknya dari perangkat bukan miliknya. Pihak Google akan mengirim kode verifikasi via perangkat seluler untuk memastikan bahwa akun memang diakses oleh pemiliknya.

3. Perhatikan sekitar

Ketika sedang memasukkan kata sandi, sebaiknya perhatikan dulu lingkungan sekitar, apakah ada orang-orang yang terindikasi sedang mencari tahu sandi milik Anda.

4. Laporkan konten

Google memberikan wewenang kepada para pengguna untuk melaporkan konten-konten yang melanggar ketentuan dan tampil di layanan Google, seperti YouTube, Gmail, dan layanan lainnya. Beberapa dari konten tersebut adalah spam dan tautan ke situs niraman (phishing) yang digunakan untuk merebut hak akses akun Anda.

5. Perbarui peramban

Salah satu cara yang paling penting, namun kerap dilupakan adalah terus melakukan pemutakhiran peramban (browser). Peramban yang diperbarui biasanya telah mengalami beberapa perbaikan dari peramban versi sebelumnya yang memiliki beberapa kelemahan.

Demikian tips ini saya sampaikan dan semoga bermanfaat :)

0 Response to "Tips Aman Ketika Berselancar Ala Google"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel