-->

Daftar Restoran Indonesia Dengan Rasa Terenak di Berbagai Negara Asia Tenggara

Indonesia merupakan salah satu bahkan satu-satunya negara yang memiliki keanekaragaman suku, bahasa maupun budaya yang dipersatukan dengan suatu ikatan Bhineka Tunggal Ika. Keanekaragaman tersebut jelas memiliki karakteristik yang khas dan berbeda-beda pastinya, salah satunya soal makanan. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas, seperti makanan lontong balap khas Kota Surabaya, Rendang khas Padang, Nasi Lemak khas Medan, Bubur Pedas khas Sambas, dan masih banyak lagi.

Berbicara soal makan, pasti hal ini merupakan salah satu tujuan bagi para traveller dan wisata kuliner. Selain berkunjung ke tempat-tempat yang pemandangannya keren, sejuk, nyaman, juga mereka akan mencari makanan khas yang enak di daerah tersebut.

Untuk itu, kami punya informasi mengenai beberapa tempat seperti Restoran yang ada di negara-negara Asia Tenggara yang khusus menjual makanan khas Indonesia. Berikut kami sajikan informasi mengenai daftar restoran Indonesia dengan rasa terenak di berbagai Negara Asia Tenggara.

1. Kuala Lumpur, Malaysia

Negeri tetangga kita sudah cukup banyak tersedia restoran yang menjual makanan khas Indonesia. Saking banyaknya restoran yang melabeli sebagai "restoran Indonesia", namun tidak semua memiliki cita rasa otentik Indonesia, contohnya saja ‘restoran Padang’ di salah satu mal terbesar di KL, tetapi setelah dicoba rasanya sangat mengecewakan!

Jika kamu penggemar makanan Indonesia dan masakan minang khususnya, kamu bisa datang ke Restoran Rose di Jalan Raja Alang, Kuala Lumpur, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari stasiun LRT Kampung Bharu.


Menu yang disajikan di sini bervariasi dari mulai sate padang, sampai nasi padang lengkap dengan sambel ijonya! Harganyapun termasuk yang paling terjangkau di antara banyak restoran padang lain di kawasan ini. Contohnya saja, jika kamu makan dengan tempe, tahu dan daun singkong saja, harganya cuma RM 4.50 (sekitar Rp 15000). Kalau mau makan rendang atau ayam, kamu harus membayar sekitar RM 10.00 an.

Jika Anda sedang berada di KL dan kangen makanan Minang yang otentik? Silakan datang ke alamat berikut:
49, Jalan Raja Alang, Kampung Baru, 50300 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur

2. Vientiane, Laos

Kalau kamu berencana liburan ke Vientiane, inilah satu-satunya Rumah Makan Indonesia di ibukota Laos itu. Namanya Warung Eko.


Menurut DetikTravel, Warung Eko menyajikan masakan khas Nusantara dari rendang sampai gudeg. Pendirinya adalah pria Indonesia kelahiran Kerinci bernama Supardi. Supardi pulalah yang meracik sendiri bumbu-bumbu masaknya.


Letak Warung Eko sangat strategis, yaitu di dekat Kantor Kementerian Luar Negeri Laos dan Kementerian Perdagangan Laos.

3. Bangkok, Thailand

Mau mencicipi makanan khas Indonesia yang otentik ketika sedang jalan-jalan di Bangkok? Kamu bisa datang ke Rasa Khas yang terletak di kawasan Sukhumvit 23, di belakang restoran lokal terkenal, The Local.


Kalau kamu mau berkunjung ke restoran ini, jangan lupa catat jam bukanya, yaitu Selasa-Minggu, jam 11.00 – 23.00. Lokasinya tidak susah ditemukan, karena dekat dengan BTS/Skytrain stasiun Asok.


Menu andalan di Rasa Khas termasuk gado-gado, ketoprak dan sate ayam. Pemiliknya adalah ekspatriat Indonesia bernama Khun Munish Mukhi, yang bermisi untuk menyajikan masakan khas Indonesia tanpa menghilangkan rasa tradisionalnya.


Harga makanan di Rasa Khas relatif bersahabat dengan kantong. Buktikan sendiri dengan datang ke restoran ini ya?

4. Singapura

Lagi di Singapura dan pengen makan nasi kapau? Bisa banget! Cari aja restoran Sinar Pagi di 13 Circular Road, yang buka setiap hari, kecuali hari minggu.


Menurut sekolahsg.com, kios ini sangat terkenal jadi pembeli harus siap-siap antre. Menu andalan di sini termasuk ayam rendang, perkedel, paru balado, bahkan ada juga sup buntut.


Tidak cuma Circular Road, Sinar Pagi juga punya dua lokasi lain yaitu di ABC Food Center dan Geylang Serai Market.

5. Hanoi, Vietnam

Kalau lagi jalan-jalan ke Hanoi, kamu tidak perlu kesusahan lagi buat nyari makanan Indonesia. Datang aja ke “Juni’s Kitchen”, yang berlokasi di kawasan Tay Ho.


Menurut DetikFood, restoran ini menyajikan masakan Minang hingga pukul 3 siang. Sedangkan, untuk sore harinya, restoran ini menyajikan es teler, aneka gorengan, avocado coffee, dan malam harinya tersedia beberapa sajian seperti nasi goreng, mi rebus, sate dan soto serta aneka masakan Indonesia lainnya.


Pada umumnya, restoran halal di Hanoi didominasi oleh makanan-makanan ala Timur Tengah, jadi keberadaan Juni’s Kitchen di Hanoi telah memberi alternatif lain buat para turis. Harga makanan di sini juga cukup ramah kantong, berkisar antara 40.000 VND – 140.000 VND (Rp 23.000 – Rp 83.000).

6. Phnom Penh, Kamboja

Restoran Borobudur, yang berdiri di ibukota Kamboja Phnom Penh, ini sangat menarik! Pemiliknya adalah orang Indonesia bernama Andrie Christian, seorang pemeluk kristen yang menyajikan makanan halal di sebuah restoran yang dinamai seperti nama candi Budha terbesar di dunia.


Menurut urban-flavours.com, Borobudur tidak hanya menyajikan masakan Jawa tapi juga Bali. Harga makanannya berkisar antara USD 2,5 – USD 4.00. Memang di Kamboja, dan sebagian negara Asia Tenggara lainnya, mata uang dollar AS juga diterima selain mata uang negaranya sendiri.


Untuk rasa makanannya juga cukup otentik karena kokinya khusus didatangkan dari Indonesia. Mau coba nasi goreng, sate, mie goreng, rendang atau telur bumbu bali?


Tetapi selain itu, restoran ini juga menyajikan bir, wine, juga smoothies. Jangan lupa mampir ke sini ya!

7. Manila, Filipina

Artikel di website ini menyebutkan bahwa orang Filipina tidak perlu mengeluarkan ribuan peso hanya untuk datang ke Indonesia dan mencicipi makanannya. Cukup datang ke Warung Kapitolyo dan bersiap untuk sebuah pengalaman kuliner yang luar biasa.


Warung Kapitolyo didirikan oleh dua orang Filipina bernama Louh Decena dan Tess Doctora, yang mengawalinya dari stand bernama “Warung Warung” di sebuah pasar malam setempat.


Apa sih makanan yang disajikan di sini? Ternyata cukup lengkap loh! Selain signature menu seperti rendang, sate dan nasi goreng, ada juga gado-gado, es campur, sampai martabak manis. Di bawah ini peta menuju kesana ya!

Kamu pernah menemukan restoran Indonesia lainnya di Asia Tenggara? Bagi pengalaman kamu di komen ya :)

0 Response to "Daftar Restoran Indonesia Dengan Rasa Terenak di Berbagai Negara Asia Tenggara"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel