Altenatif Adsense: 5 Program Periklanan Membayar Mahal Untuk Memonetize Blog

Program periklanan di dunia blogging sudah tidak asing lagi didengar, khususnya bagi kalangan sesama blogger. Aktivitas blogging saat ini sudah menjadi suau alternatif dalam mendapatkan penghasilan uang tambahan dengan blog-blog yang dikelolanya. Aktivitas ini dikenal dengan istilah blog monetize. Monetize atau menghasilkan yang dari blog adalah salah satu cara dalam mendapatkan uang di internet. Ini juga merupakan satu cara yang masuk dalam kategori bisnis online, di mana seseorang dapat menghasilkan uang di internet dengan mengikuti berbagai program bisnis, salah satunya adalah program periklanan.


Program periklanan ini, memonetisasi blog disebut juga publisher. Mereka memasang script iklan di blog mereka yang nantinya script tersebut memunculkan berbagai jenis iklan yang telah terintegrasi dengan server situs periklanan tersebut.

Kebanyakan para publisher blog sangat mengidam-idamkan bekerja sama dengan Google dengan program periklanannya yang dikenal dengan Google Adsense. Sudah banyak para publisher Adsense yang sukses meraup ratusan bahkan ribuan dollar dari blog yang dikelolanya. Namun, di samping terdapat kelebihannya yang memberikan rate penghasilan yang tinggi, terdapat juga kelemahan terkait persyaratan dalam mendaftarkan diri sebagai mitra periklanan Google (publisher Adsense) tersebut.
Baca juga: Mendapatkan Dollar Gratis Hanya Bermodalkan Android - WHAFF Rewards
Persyaratan pendaftaran sebagai publisher Adsense dikenal sangat ketat dan merepotkan, karena setelah mendaftarkan blog kita ke program Google Adsense, kita harus menunggu 3 tahapan review untuk memastikan blog yang kita ajukan tersebut layak atau tidak bekerja sama sebagai publisher Adsense dan layak menjadi mitra periklanan Google. Selain masalah persyaratan yang ketat, kelemahan lainnya adalah calon publisher harus mematuhi kebijakan Adsense terkait blog yang didaftarkan. Kedua hal inilah menjadikan titik tombak maupun tolak ukur kelayakan seseorang dan blognya diterima menjadi mita maupun publisher periklanan Google Adsense.

Dengan persyaratan dan kebijakan yang begitu rumit membuat sebagian para blogger ditolak menjadi publisher Adsense dengan berbagai alasan. Dari penolakan tersebut pastinya timbul rasa kecewa yang mendalam. Nah dari kejadian tersebut, banyak blogger yang mencari program periklanan sebagai alternatif Google Adsense. Namun, ada banyak sekali situs periklanan yang menawarkan rate penghasilan tinggi, namun tawaran tersebut tidak sesuai dengan fakta atau kenyataannya. Hal ini pun membuat para blogger bingung dan merasa kecewa terhadap penghasilan yang didapat. Maka dari itu, para blogger yang ingin memonetisasi blognya dengan program periklanan alternatif Adsense harus cermat dalam memfilter program periklanan mana saja yang jelas memberikan rate penghasilan yang tinggi alias membayar mahal kepada publishernya.


Kali ini, saya coba mereview beberapa situs periklanan dengan bayaran yang cukup tinggi, di mana rate penghasilan yang akan kita dapatkan berkisar antara $1-$5 per hari. Bagi Anda yang masih bingung dengan berbagai macam program periklanan yang ada di internet, di sini saya akan memberikan sedikit pencerahan terhadap kebingungan Anda dengan memberikan referensi 5 situs program periklanan yang membayar mahal.

1. Revenuehits.com

Mendaftar Revenuehits dan memasang iklan di Revenuehits tidaklah sesulit yang kita bayangkan seperti program periklanan Google Adsense, sebab kalau mendaftar revenuhits langsung diterima tanpa syarat apapun dan caranya pun cukup mudah, Revenuehits juga sebagai alternatif adsense karena kita bisa mendapatkan penghasilan besar dari Revenuehits. Saat ini, semakin banyak orang yang menyadari bahwa mereka bisa mendapatkan hasil yang berupa dollar yang bisa di dapatkan secara online melalui situs ataupun blog mereka.


Revenuehits sudah muncul pada tahun 2008, serta sangat profesional pada teknologi yang sudah berpengetahuan yang bisa memberikan dukungan yang baik ,dan juga terdiri dari pemasar online yang cukup sukses di lapangan dan keuangan masing-ahli mereka juga.

Berbeda dengan Google Adsense yang berbasis PPC (pay per click), RevenueHits merupakan performance ad-network atau biasa disebut CPA (cost per action). Artinya Anda tidak dibayar berdasarkan klik dan impresi (jumlah tampilan iklan), tapi dibayar berdasarkan keterlibatan pengguna terhadap kampanye iklan advertiser, seperti misalnya mendowload aplikasi, berlangganan newsletter dan sebagainya. Oleh karena, nilai pendapatannya relatif lebih besar dari setiap action yang diterima oleh pengiklan.

Jenis iklan yang disediakan:
  • Banner
  • Rich media
  • Pop ups/unders
  • Teks
  • Aplikasi/widget
  • Custom format sesuai yang dibutuhkan publisher
Metode pembayaran yang tersedia ada 3 macam:
  • Paypal (minimal $20)
  • Wire transfer (minimal $500)
  • Payoneer (minimal $20)
Nah, bagaimana? Tertarik? Jika Anda sedang mencari alternatif Google Adsense, maka RevenueHits bisa menjadi salah satu pilihan. Silakan langsung kunjungi RevenueHits.

Jika Anda memutuskan untuk menjalankan RevenueHits, saya sarankan untuk memasang iklan selama paling tidak 7 hari, untuk mendapatkan hasil optimal. Hal ini karena RevenueHits membutuhkan waktu beberapa lama guna menampilkan iklan yang paling sesuai bagi blog Anda, seperti analisa lokasi pengunjung, perilaku pengunjung, konten blog dan lainnya.

2. PropellerAds.com

Buat sobat blogger yang punya blog/website dan ingin segera menghasilkan uang dari blog tersebut, mungkin bisa mencoba bergabung menjadi publisher PropellerAds. PropellerAds adalah layanan iklan online yang memberikan peluang emas yang baru bagi para publisher Indonesia untuk menghasilkan earning online yang lebih besar dari website mereka. Jaringan iklan online ini juga bisa dimanfaatkan oleh para Advertiser Indonesia untuk promosi di pasar global. Selain itu juga PropellerAds merupakan salah satu program periklan dengan bayaran mahal yang sangat cocok dijadikan sebagai alternatif Adsense.


PropellerAds (Propellerads.com) didirikan di Inggris pada tahun 2011. Perusahaan ini menyajikan iklan online dengan sistem CPM (cost per million) kepada Publisher, serta sistem CPA (cost per action) dan CPL (cost per lead) bagi para Advertiser. Bagi sebagian publisher Indonesia, PropellerAds sudah cukup populer walaupun memang masih ada yang belum begitu familiar dengan jaringan periklanan online ini.

Kelebihan PropellerAds

  • Menerima trafik semua negara, termasuk Indonesia
  • Nilai/rate CPM Tinggi
  • Ads (iklan) bebas dari virus maupun malware sehingga ramah dengan mesin pencari maupun pengunjung blog/website
  • Proses pendafdaran dan approve blog/website sangat mudah
  • Jenis iklan yang tersedia cukup banyak dan lengkap
  • 100% fill rate, artinya semua impresi akan dibayar.

Penghasilan dari iklan CPM PropellerAds relatif tinggi dengan fill rate hingga 100% untuk trafik international. PropellerAds juga punya teknologi optimasi iklan yang canggih sehingga kita tidak perlu repot menguji CPA. Untuk bergabung tidak ada trafik minimal, Anda pasti langsung diapprove dan bisa langsung memasang kode iklan di website Anda. Uniknya lagi, PropellerAds juga menawarkan program referral di mana Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar 5% dari income referal Anda, seumur hidup!

Dengan mengusung nama On Click Ads, PropellerAds merupakan pemimpin pasar global untuk iklan PopUnder. Berbeda dengan program PPC (pay per click), dengan CPM yang tinggi PopUnder dari PropellerAds sangat berpotensi memberikan penghasilan yang lebih besar dari trafik website Anda.

Propeller mendukung iklan untuk desktop dan juga iklan untuk mobile. Jadi, jika trafik blog/website Anda berasal dari desktop dan mobile maka potensi penghasilan tentu akan semakin besar.

Jenis iklan untuk Desktop

Ada beberapa jenis iklan desktop, diantaranya PopUnders, Direct Link, Banner, dan lain-lain. Iklan PropellerAds bisa dioptimasi berdasarkan negara dan situs, ini memungkinkan rate CPM yang cukup tinggi, terutama untuk iklan OnClick. Menurut data yang saya dapat, saat ini ada 3000an campaign aktif di PropellerAds yang selalu didukung oleh tim customer support yang responsif.

Propeller sangat memperhatikan Advertiser dan Publisher mereka, semua iklan sudah melalui proses pengecekan dan mereka menjamin keamanan jaringan iklan sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan iklan bermasalah. Selain itu, sistem reporting PropellerAds juga mudah dan real-time.

PropellerAds mendukung hampir semua jenis dan ukuran banner, bisa disesuaikan dengan space iklan di website Anda. Untuk area dengan CPM terbaik adalah Amerika Utara, Australia, Eropa Bara, dan Eropa Timur. Iklan OnClick adalah iklan yang menggunakan area monitor secara penuh sehingga berpotensi mendongkrak revenue hingga 200%. Iklan ini juga tidak akan mengganggu spot iklan lain di website Anda, dan tidak mempengaruhi kualitas SEO website Anda.

Jenis iklan untuk Mobile Traffic

Untuk mobile traffic, PropellerAds menyediakan dua jenis iklan, yaitu Dialog Ads dan Interstitial Ads. Iklan Interstitial dan Dialog akan membuat 100% trafik mobile web Anda menjadi earning dengan iklan yang aman dan berkualitas tanpa redirect.

Untuk pengunjung mobile, eCPM Rate hingga 3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan iklan banner biasa karena CTR dan konversinya lebih tinggi. Iklan untuk mobile traffic bisa menjangkau seluruh dunia, semua OS smartphone. Integrasi yang mudah tanpa mengganggu iklan lain yang ada pada web mobile Anda, dan tidak perlu website yang mobile optimized.

Mengenai pembayaran PropellerAds, ada beberapa metode pembayaran yang disediakan oleh PropellerAds, diantaranya via:
  • Payoneer
  • Webmoney
  • ePayments
  • EPESE
  • Transfer bank (wire transfer). 

Namun sayangnya, PropellerAds masih belum menyediakan opsi pembayaran via Paypal. Tapi tenang saja, tidak lama lagi PropellerAds akan menyediakan pembayaran via Paypal. Jadi, publisher dapat memilih metode pembayaran yang dianggap paling mudah karena PropellerAds bisa melayani metode pembayaran tersebut dengan baik.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mendaftar sebagai publisher PropellerAds? Jika iya, silakan kunjungi situs resminya di Propellerads.com.

3. AdsOptimal.com

Mungkin dari Anda yang sudah bertubi-tubi ditolak oleh Adsense atau merasa media iklan lain terasa sangat mengganggu navigasi di blog Anda, maka Adsoptimal adalah jawabannya. Publisher bisa dengan mudah mendapatkan kode iklan untuk dipasang di blog yang akan digunakan sebagai mesin penghasil uang.


Adsoptimal merupakan layanan yang menjanjikan bagi publihsernya, karena selain jumlah nilai klik iklan, impresi yang terjadi juga dihitung. Semakin banyak pengunjung blog Anda, maka akan semakin besar peluang meraup dollar. Impresi yang dihitung bukan dari jumlah visitor atau visitor unik, melainkan dari pageviews atau jumlah halaman yang terbuka. Jadi traffic dari segi pageviews yang tinggi akan sangat menjanjikan untuk mendapatkan dollar yang semakin banyak.

Jika Anda penasaran dan ingin join dengan AdsOptimal, silakan join di Adsoptimal.com.

Media periklanan yang satu ini memiliki RPM yang hampir sama atau bahkan lebih dari google adsense. Selain itu media iklan ini juga menawarkan free 10$ pada saat awal anda bergabung sebagai publisher iklan ini. Jika blog yang anda daftarkan diterima sebagai Premium Publisher, maka jumlah yang akan anda dapatkan untuk pertama kali sign up menjadi 15$. Khusus untuk Premium Publisher AdsOptimal, tayangan iklan yang muncul adalah iklan dari Google Adsense dan DoubleClick.

Menyinggung sedikit tentang AdsOptimal, media ini awalnya dikhususkan untuk iklan mobile. Namun seiring berjalannya waktu, kini Adsoptimal menghadirkan pilihan iklan untuk Desktop (PC). Tentunya ini akan semakin menguntungkan kita sebagai publisher. Untuk format iklannya sendiri bermacam-macam. Anda bisa melihat gambar dibawah ini untuk tampilan iklan mobile dan Dekstop.

Klik gambar untuk memperbesar

Keunggulan AdsOptimal

  1. Proses pendaftaran menjadi publisher yang jauh lebih mudah ketimbang GA.
  2. Proses aproval publisher cepat, sekitar 1-2 hari kerja.
  3. Bisa meningkatkan status menjadi premium publisher, pengajuannya memakan waktu 1-5 hari kerja.
  4. Menerima blog berbahasa Indonesia.
  5. Pembayaran bisa melalui Paypal atau cek.
  6. Mendapatkan bonus awal $10 dan $5.
  7. Minimal payout hanya $50.
  8. Sangat disarankan untuk blog yang mayoritas kunjungan dari perangkat mobile, karena RPM untuk perangkat mobile adalah yang tertinggi.
  9. Support iklan berformat video Virtual Reality dengan nilai klik yang tinggi.
  10. Bisa dipasang bersama dengan iklan lainnya, terkadang iklan yang muncul dari AdsOptimal adalah iklan google adsense.
  11. Tersedia plugins untuk pengguna wordpress dan Joomla.
  12. Dashboard menampilkan pendapatan secara realtime dan memelukan waktu 36 jam untuk finalisasi hasil pendapatan hari tersebut.

Kelemahan AdsOptimal:

  1. Untuk non-premium publisher, iklan yang muncul bukan dari Rich Media (GA, DCP, Media dll)
  2. Akun terbagi menjadi 3 kategori yaitu Bronze, Silver dan Gold. Masing-masing kategori berdasarkan pada kualitas blog Anda. Setau saya kualitas tersebut berdasar pada trafik dan loading blog.
  3. Pembayaran berdasar pada jenis akun Anda. Kalo bronze dan silver dibayar tanggal 24 setiap bulannya. Kalo gold dibayar tanggal 15 setiap bulannya. Berlaku jika earning sudah mencapai $50 dan Anda sudah mengajukan withdraw/pencairan dana.
  4. Tidak ada panel yang menunjukkan eCPM. Jadi kita hanya tau impressi dan revenue saja.
  5. Pendaftaran khususnya approve sekarang sangat sulit. Apalagi untuk jenis akun Premium.

Saat artikel ini dibuat, Adsoptimal masih memberikan promo bagi para publisher baru, yaitu mendapatkan $10 dollar saat pertama kali diterima menjadi publisher, kemudian akan mendapatkan tambahan $5 dollar ketika kita memasang kode iklan mereka pada blog kita. Jadi total kita akan langsung mendapatkan $15 dolar ketika pertama kali bergabung dan memasang kode iklan.

Jika Anda tertarik dan ingin bergabung dengan adsoptimal, silakan kunjungi situs resminya di Adsoptimal.com.

4. Adnow.com

Adnow.com merupakan salah satu program periklanan alternatif Google Adsense dengan bayaran mahal. Adnow berpusat di London, UK, dengan basis iklan yang menampilkan jenis Native Ads.

Apa itu Native Ads?

Native Advertising atau Native Ads merupakan jenis iklan dengan tampilan seperti berita atau artikel postingan. Masing-masing media biasanya memiliki istilah sendiri untuk konten semacam ini, antara lain, Sponsored Content, Paid Post, Branded Content, Partner Content dan lain-lain.

Native Ads berbeda dengan Advertorial atau Infomersial, Webtorial atau bentuk konten iklan yang lain. Advertorial berisi promosi terhadap suatu produk atau layanan dengan cara menonjolkan keunggulannya. Pembaca yang jeli pada umumnya langsung bisa menangkap unsur-unsur jualan ketika membaca Advertorial.

Sementara Native Ads tampil seperti berita. Tujuannya, untuk memberikan informasi berguna atau pengetahuan untuk pembaca. Ia tak ditulis sedemikian rupa sehingga pembaca merasa perlu membeli produk tertentu. Alih-alih berupaya menjual produk atau layanan, Native Advertising lebih fokus untuk membantu pembaca, setidaknya memberikan pengetahuan baru kepada mereka. Ia tampil dalam semua format yang dipakai jurnalistik, seperti teks, narasi, video, foto dan infografis.

Jika anda pernah melihat iklan dari Taboola, maka iklan dari Adnow ini pun mirip dengan iklan yang ditampilkan oleh Taboola. Iklan ini cocok untuk dimunculkan di bawah postingan seperti related post. Tidak hanya cocok di letakkan di bawah artikel, iklan dari adnow pun bisa juga diletakkan di sidebar.

Iklan dari Adnow juga dapat dipadukan dengan iklan lain seperti RevenueHits, Adreactor, dan periklanan iklan lainnya. Script iklan Adnow tidak akan merusak atau mengganggu tampilan iklan lainnya. Adnow mendukung berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Satu orang Account Manager akan disediakan bagi anda setelah mendaftar dan diterima menjadi publisher Adnow. Account Manager ini akan melayani anda seputar Adnow.

Adnow membayar publishernya menggunakan basis PPC atau CPC. Publisher akan dibayar jika ada pengunjung blog yang mengklik iklan Adnow di blog anda. Lalu, berapa tarif bayaran per kliknya?

Saya sudah mendaftar sebagai publisher Adnow bulan lalu, penghasilan yang saya dapatkan cukup lumayan yaitu sebesar $1-$1.5 per hari dengan trafik blog sebagian besar dari Indonesia. Berikut penghasilan saya bersama Adnow selama seminggu terakhir, saya menampilkan penghasilan yang saya dapatkan dari tanggal 12-19 Oktober 2016.

Klik untuk memperbesar gambar

Setelah membaca ulasan saya mengenai Adnow di atas, tentunya anda bisa mengambil kesimpulan, bagus atau tidaknya Adnow untuk memonetize blog anda. Jika anda ingin membuktikan ulasan saya, tidak ada salahnya untuk mencoba Adnow. Dengan mencobanya anda akan dapat pengalaman lebih.

Jika ingin bergabung, silakan daftar di situs resminya Adnow.com.

5. Adbooth.com

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang situs periklanan satu ini, karena Adbooth ini masih baru meramaikan dunia periklanan di Indonesia. Akan tetapi, Adbooth dinaungi oleh perusahaan Adbooth Media Group asal Spanyol yang berdiri sejak tahun 2010.

Adbooth Network Display atau Adbooth.com merupakan program periklanan berbasis CPM (cost per mile) yang menyediakan jenis iklan untuk Desktop maupun Mobile dengan rate bayaran yang cukup tinggi.

Hampir sama dengan situs periklanan berbasis CPM lainnya, Adbooth juga menyediakan jenis iklan seperti Pop-up, pop under, dan intersial ads. Sebagian besar iklan yang tersedia lebih mengarah pada kategori download dan streaming. Adapun jenis maupun kategori iklan yang tersedia di Adbooth antara lain movies, series, downloads, apps, music, sports, mainstream, erotic, book, lyrics. Jadi, situs periklanan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki dan mengelola blog download maupun streaming blog.


Adbooth menyediakan 3 macam metode pembayaran kepada publisher yang ingin withdraw atau mencairkan penghasilan yang didapatkannya, yaitu melalui:

  • Paypal min. €5
  • Payoneer min. $20
  • Wire Transfer €100.

Jika Anda tertarik mencoba situs periklanan baru ini, silakan mendaftar di situs resminya di Adbooth.com.

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.
Emoticon Emoticon